Saturday, 12 May 2018

ANALISIS IKLAN PERUSAHAN JASA TOKO PEDIA







TUJUAN IKLAN pada YOUTUBE :
            dalam periklanannya yang dipasang tokopedia di Youtube bertujuan untuk menjangkau konsumennya baik dikalangan menengah  kebawah maupun menengah keatas . mengimgat diera teknologi yang maju saat ini,  sangat strategis untuk melakukan hal tersebut, selain itu dalam iklannya tersebut selama 0,31 detik, tokopedia memberikan kemudahan kemudahan dalam transaksi yang dulunya konvensional menjadi onlineshop. Sehingga datap menarik minat konsumennya. Untuk memudahkan persaingan dengan onlineshop lainnya, tokopedia menyisikan sedikit komedi dalam komedinya agar terlihat tidak membosankan dan membekas dihati konsumen.
            Selalin iklan pada halaman youtubenya, tokopedia juga melakukan prabayar iklan pada youtube dimana iklannya akan ditampilkan pada chanel chanel youtubers terkenal yang bertujuan untuk menggaet pemirsa pemirsa pada chanel tersebut untuk mengenal tokopedia.
2.      TUJUAN IKLAN pada WEBSAITE TOKPEDIA:
            Dalam iklannya pada websaitennya, hanya berupa flash gambar berupa kemudahan bertransaksi ditokopedia dan promo bulanan dan tahunan.
3.      IKLAN YANG SUDAH DILAKUKAN :
-          Melalui Tv
-          Melalui Youtube
-          Melalui Websaite


4.      ANALISA IKLAN :
            Dalam iklan tokopedia pada youtuber terdapat beberapa kriteria antara lain :
-          Attention
Dimana iklan tersebut memiliki daya tarik yang cukup kuat tentang online shop yang mudah dan terpercaya

-          Interest
Dimana dalam penayangan iklan tersebut terdapat sisi Humornya sehingga dapat membekas dihati konsumen.

-          Desire
Saya rasa dalam kasus ini, toko pedia gagal untuk memunculkan keingginan konsumen untuk mencoba bertransaksi karna masih fokus pada branding nama.
-          Convection
Masih kurang untuk menyakinkan karna banyak pesaing yang sama yang lebih membekas dihati konsumen seperti bukalapak.com

-          Decission
Untuk kepuasan sendiri, tokopedia cukup berhasil menciptakan tren positif dimana apa yang ditampilkan di iklannya sesuai dengan saat bertransaksi. Terlihat dari luapan kepuasan yang ditulis kan konsumen pada websaite tokopedia yang cukup baik.

-          Action
Untuk merangang konsumen untuk bertransaksi saya rasa masih kurang tapi cukup baik melihat banyakannya onlineshop besar lainnya.

Dalam iklannya tokopedia menggunakan komunikasi persuasif dimana mereka membujuk konsumennya untuk bertransaksi melalui informasi  informasi yang diselipkan. Selain itu tokopedia juga menggunakan komunikasi satu arah dimana tidak melibatkan konsumennya untuk menanggapi iklan tersebut. Sehingga memancing rasa penasaran konsumennya untuk melihat websaite tersebut.

Sedangkan Fungsi iklan tersebut  bagi tokopedia adalah untuk memperkuat pemasaran dan meransang konsumen akan suatu jenis transaksi sekaligus sebagai sarana informasi perusahaan ke konsumnnya.


No comments:

Post a Comment

 

@Copyright2015 Design By Bang Ocir