TUJUAN IKLAN pada YOUTUBE :
dalam
periklanannya yang dipasang tokopedia di Youtube bertujuan untuk menjangkau
konsumennya baik dikalangan menengah
kebawah maupun menengah keatas . mengimgat diera teknologi yang maju
saat ini, sangat strategis untuk
melakukan hal tersebut, selain itu dalam iklannya tersebut selama 0,31 detik,
tokopedia memberikan kemudahan kemudahan dalam transaksi yang dulunya
konvensional menjadi onlineshop. Sehingga datap menarik minat konsumennya.
Untuk memudahkan persaingan dengan onlineshop lainnya, tokopedia menyisikan
sedikit komedi dalam komedinya agar terlihat tidak membosankan dan membekas
dihati konsumen.
Selalin
iklan pada halaman youtubenya, tokopedia juga melakukan prabayar iklan pada
youtube dimana iklannya akan ditampilkan pada chanel chanel youtubers terkenal
yang bertujuan untuk menggaet pemirsa pemirsa pada chanel tersebut untuk
mengenal tokopedia.
2. TUJUAN
IKLAN pada WEBSAITE TOKPEDIA:
Dalam iklannya pada websaitennya,
hanya berupa flash gambar berupa kemudahan bertransaksi ditokopedia dan promo
bulanan dan tahunan.
3. IKLAN
YANG SUDAH DILAKUKAN :
-
Melalui Tv
-
Melalui Youtube
-
Melalui Websaite
4. ANALISA
IKLAN :
Dalam iklan tokopedia pada youtuber
terdapat beberapa kriteria antara lain :
-
Attention
Dimana
iklan tersebut memiliki daya tarik yang cukup kuat tentang online shop yang
mudah dan terpercaya
-
Interest
Dimana
dalam penayangan iklan tersebut terdapat sisi Humornya sehingga dapat membekas
dihati konsumen.
-
Desire
Saya rasa dalam kasus ini, toko pedia
gagal untuk memunculkan keingginan konsumen untuk mencoba bertransaksi karna
masih fokus pada branding nama.
-
Convection
Masih
kurang untuk menyakinkan karna banyak pesaing yang sama yang lebih membekas
dihati konsumen seperti bukalapak.com
-
Decission
Untuk
kepuasan sendiri, tokopedia cukup berhasil menciptakan tren positif dimana apa
yang ditampilkan di iklannya sesuai dengan saat bertransaksi. Terlihat dari
luapan kepuasan yang ditulis kan konsumen pada websaite tokopedia yang cukup
baik.
-
Action
Untuk
merangang konsumen untuk bertransaksi saya rasa masih kurang tapi cukup baik
melihat banyakannya onlineshop besar lainnya.
Dalam
iklannya tokopedia menggunakan komunikasi persuasif dimana mereka membujuk
konsumennya untuk bertransaksi melalui informasi informasi yang diselipkan. Selain itu
tokopedia juga menggunakan komunikasi satu arah dimana tidak melibatkan
konsumennya untuk menanggapi iklan tersebut. Sehingga memancing rasa penasaran
konsumennya untuk melihat websaite tersebut.
Sedangkan
Fungsi iklan tersebut bagi tokopedia
adalah untuk memperkuat pemasaran dan meransang konsumen akan suatu jenis
transaksi sekaligus sebagai sarana informasi perusahaan ke konsumnnya.
No comments:
Post a Comment