Saturday, 12 May 2018

STUDI KELAYAKAN BISNIS " angle Cleaners "


STUDI KELAYAKAN BISNIS
Angel Cleaners
Pengarang : Rico Dwi Sandi 
EXECUTIVE SUMMARY
            Diera Kid zaman Now saat ini, sudah terjadi pergeseran pola hidup masyarakat. Terutama mahasiswa, mengapa tidak. Semakin pesatnya tecnologi saat ini, semakin membuat pola hidup mahasiswa turut berubah. Misal saja ketergantungan pada sosial media dan lain sebagainya. Disinilah kami melihat peluang yang besar bagi kami setelah melakukan ATM ( Amati, Tiru dan modifikasi ) terhadap perkembangan media transportasi dimana berubahnya segmen konsumen dari ojek konvensional ke ojek online. Namun, kami hanya meniru cara kerja nya saja. Untuk segmennya tersendiri kami melihat peluang dari bisnis jasa berupa loaundry. Melihat banyaknya minat konsumen terutama mahasiswa terhadap bisnis ini. Maka kami memutuskan untuk memanfaatkan peluang yang belum tersentuh sama sekali tersebut menjadi lahan bisnis kami yang akan datang bernama “ Angle Cleaners “ –  bertemplane “ asal kalian bahagia “
            Adapun hal hal yang ditawarkan untuk membedakan dengan bisnis loaundry lainnya adalah :
1.      Sebagai penghubung antara client dengan mitra laundry bukan penyedia
2.      Terjamin kualitas kebersihannya
3.      Mudah dan terjangkau untuk segala kalangan
4.      Cepat dan terpercaya



Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 oktober 2017 hingga 20 oktober 2017.






1.      ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
a.       Bentuk Pasar
Untuk memasarkan produk kami yang berupa jasa , maka telah ditentukan tujuan pasar mana yang akan kami masuki, dalam hal ini ada 1 bentuk pasar, yaitu :
1.      Pasar Konsumen yang dipilih adalah pasar konsumen. Khussusnya pada segmen mahasiswa, kana melihat ciri khas kota malang yang notabene adalah mahasiswa.

b.      Mengukur dan meramal permintaan
Di asumsikan :
      Pelayanan terjual dalam sehari : 15 kg
      Pelayanan terjual dalam setahun : 15 kg x 30 hr x 12 bln =  5400 kg
      Harga per pelayanan : 10.000/ pesanam tidak termasuk kategory pencucian
      Total pemintaan selama setahun :
                  54.000 pcs x Rp. 10.000 = Rp. 540.000.000
     
Peramalan permintaan di masa depan

penjualan

introducing

growth

manturity

decline












Sesuai data diatas jumlah mahasiswa pada Universitas Negeri Malang selalu mengalami peningkatan. Dengan ini membuat Angel Cleaner memiliki peluang besar untuk pengguna jasa di kota Malang mengingat target dari produk ini adalah anak kuliahan.


c.       Product life cycle pesaing
Pada pertengahan tahun 2016, G0-jek untuk pertama kali mengeluarkan produk  pelayan go clean adalah sebuah pelayan serupa yang menggunakan jasa driver dimana untuk mengambil cucian clien ditempat laundry.
d.      Market share
e.       Penentuan segmentasi, target, dan posisi produk
Segmentasi : segmentasi pelayanan angle cleaner adalah remaja dan dewasa
Targeting : target pelayanan adalah mahasiswa
Postioning : mudah dan cepat serta meringankan mahasiswa serta terjangkau harganya bagi mahasiswa terutama yang in the kos
f.       Sikap dan perilaku konsumen
Dengan mengidentifikasi perilaku konsumen kita dapat menyesuaikan produk yang akan kita jual sesuai keaadaan agar angle cleanerlebih tepat sasaran. Dalam perilaku konsumen perusahaan memilih satu kelompok perilaku. Yaitu, perilaku konsumen rasional. Kelompok yang memiliki pemikiran rasional pasti akan mempertimbangkan sebuah harga, pola, dan mutu yang terjamin.
g.       Marketing mix
Produk : produck yang kami tawarkan adalah berupa jasa penghubung yang menghubungkan client dengan pihak laundry.
Price : harga pelayanan ini terbilang sangat terjangkau. Mengingat sasaran konsumen pada produk ini adalah anak kuliah.
Promotion : promosi angle cleaner  dilakukan lewat media social Facebook dan juga Instagram untuk mengenalkan jenis pelayan baru ini.
Place : -

2.      ASPEK TEKNIK DAN TEKNOLOGI
a.       Perencanaan Produk
Pelayanan ini akan memanfaatkan  laundry yang ada dikota malang yang berkualitas untuk dijadikan mitra kerja.
b.      Teknologi terkait
Dalam pelakanaanya, kami membuat aplikasi khusus berupa angle cleaner untuk mempermudah konsumen dalam bertransaksi
           
c.       Perencanaan letak Usaha
Lokasi pendirian kantor pusat adalah dikota malang didaerah sumpil 1 dekat terminal arjosari
3.      ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
a.       Perencanaan SDM
Perusahaan membutuhkan 5 karyawan yang terdiri dari 3 clean order, 1 angle mitra, dan 1 admin aplikasi.

b.      Analisis pekerjaan
Clean order: Mengambil dan mengantar pesanan
Angle mitra : merelasikan dan mencari mitra laundry baru
admin : melakukan pengelolaan aplikasi

c.       System kompensasi
Setiap pembagian upah di bedakan berdasarkan jenis dan SOP masing masing, Clean Order berdasarkan jumlah pesanan yang sukses dengan nilai per pesanan ( rp.5000 ) dan bonus pesanan berdasarkan katagorinya sedangkan angle mitra dan admin upah nya adalah bulanan sebesar 3.000.000 rupiah.

d.      Keselamatan dan kesehatan kerja
1.      Setiap clean order diberi keselamatan yang dibutuhkan seperti helm jangket dan keseleamtan mengendara lainnya

4.      ASPEK KEUANGAN
a.       Dana yang dibutuhkan
Aset tetap
               Motor : 17.000.000 x 3 = 51.000.000
               Laptop                                     =  2.500.000
               Aplikasi                       = 35.000.000
              

                                    tenaga kerja :
                                                gaji : 3.000.000 x 2 = 6.000.000 /bulan
                                                upah = 5.000 x  15 kg x30 hari = 2,250.000 x 2 = 4.500.000
                                                promosi : 30.000.000
b.      Sumber dana
Perusahaan akan meminjam dana sebesar 60 juta pada Bank BRI

5.      ASPEK LINGKUNGAN HIDUP
Dalam proses produksi produk ini akan menimbulkan kemacetan kasrena menggangu dengan ini perusahaan harus mendapatkan persetujuan resmi oleh lingkungan tetangga yang berada di depan pabrik serta di samping kanan kiri.  Selain itu dalam proses pengolahan produk ini juga menghasilkan kemampuan berupa Untuk menjalin hubungan baik terhadap masyarakat maka pupuk akan di berikan secara gratis terhadap masyarakat sekitar.

6.      ASPEK EKONOMI, SOSIAL, DAN POLITIK
a.       Ekonomi
·         Megurangi pengangguran
·         Menambah nilai tambah pada sumber daya alam yang kami gunakan
·         Meningkatkan perekonomian masyarakat
7.      ASPEK YURIDIS
Rencana bisnis ini merupakan usaha perorangan atau belum terdaftar pada badaan hukum. Bisnis ini merupakan kegiatan delivery order laundry,  dan pangkalan yang memiliki akses yang mudah menjangkau dari calon konsumen. Tahap awal dalam proses pelaksanaan konsep bisnis ini adalah mencari investor atau pihak yang bersedia meminjamkan dana.setelah mendapatkan dana, perusahaan akan   membeli semua kebutuhan yang meliputi aset tetap, bahan baku, dan mencari tenaga kerja yang cocok di setiap proses yang perusahaan butuhkan berbarengan dengan promosi disetiap media social.. Setelah proses produksi berjalan, kegiatan pemasaran pun dimulai. Promosi selalu dilakukan dengan cara mengendorse para pengguna sosmed yang menjadi influence.

No comments:

Post a Comment

 

@Copyright2015 Design By Bang Ocir