STUDI
KELAYAKAN BISNIS
EXECUTIVE SUMMARY
Diera Kid zaman Now saat ini,
sudah terjadi pergeseran pola hidup masyarakat. Terutama mahasiswa, mengapa
tidak. Semakin pesatnya tecnologi saat ini, semakin membuat pola hidup
mahasiswa turut berubah. Misal saja ketergantungan pada sosial media dan lain
sebagainya. Disinilah kami melihat peluang yang besar bagi kami setelah
melakukan ATM ( Amati, Tiru dan modifikasi ) terhadap perkembangan media
transportasi dimana berubahnya segmen konsumen dari ojek konvensional ke ojek
online. Namun, kami hanya meniru cara kerja nya saja. Untuk segmennya
tersendiri kami melihat peluang dari bisnis jasa berupa loaundry. Melihat
banyaknya minat konsumen terutama mahasiswa terhadap bisnis ini. Maka kami
memutuskan untuk memanfaatkan peluang yang belum tersentuh sama sekali tersebut
menjadi lahan bisnis kami yang akan datang bernama “ Angle Cleaners “ – bertemplane “ asal kalian bahagia “
Adapun hal hal yang ditawarkan untuk
membedakan dengan bisnis loaundry lainnya adalah :
1.
Sebagai penghubung antara client dengan mitra laundry bukan
penyedia
2.
Terjamin kualitas kebersihannya
3.
Mudah
dan terjangkau untuk segala kalangan
4.
Cepat dan terpercaya
Penelitian
ini dilakukan pada tanggal 18 oktober
2017 hingga 20
oktober 2017.
1.
ASPEK
PASAR DAN PEMASARAN
a.
Bentuk
Pasar
Untuk
memasarkan produk kami yang berupa jasa , maka telah ditentukan tujuan
pasar mana yang akan kami masuki, dalam hal ini ada 1 bentuk pasar, yaitu :
1.
Pasar
Konsumen yang dipilih adalah pasar konsumen. Khussusnya pada segmen
mahasiswa, kana melihat ciri khas kota malang yang notabene adalah mahasiswa.
b.
Mengukur
dan meramal permintaan
Di
asumsikan :
Pelayanan terjual dalam sehari : 15 kg
Pelayanan terjual dalam setahun : 15 kg x 30 hr x 12 bln = 5400 kg
Harga per pelayanan : 10.000/ pesanam
tidak termasuk kategory pencucian
Total pemintaan selama setahun :
54.000 pcs x Rp. 10.000 = Rp. 540.000.000
Peramalan
permintaan di masa depan
penjualan
|
introducing
|
growth
|
manturity
|
decline
|
Sesuai data diatas jumlah mahasiswa pada Universitas
Negeri Malang selalu mengalami peningkatan. Dengan ini membuat Angel
Cleaner memiliki
peluang besar untuk pengguna jasa di kota Malang mengingat target dari produk ini
adalah anak kuliahan.
c.
Product
life cycle pesaing
Pada
pertengahan tahun 2016, G0-jek untuk pertama kali mengeluarkan produk pelayan go clean adalah sebuah pelayan serupa yang
menggunakan jasa driver dimana untuk mengambil cucian clien ditempat laundry.
d.
Market
share
e.
Penentuan
segmentasi, target, dan posisi produk
Segmentasi : segmentasi pelayanan
angle cleaner
adalah remaja dan dewasa
Targeting : target pelayanan adalah mahasiswa
Postioning : mudah dan cepat serta meringankan mahasiswa serta
terjangkau harganya bagi mahasiswa terutama yang in the kos
f.
Sikap
dan perilaku konsumen
Dengan mengidentifikasi perilaku konsumen kita dapat
menyesuaikan produk yang akan kita jual sesuai keaadaan agar angle
cleanerlebih
tepat sasaran. Dalam perilaku konsumen perusahaan memilih satu kelompok
perilaku. Yaitu, perilaku konsumen rasional. Kelompok yang memiliki pemikiran
rasional pasti akan mempertimbangkan sebuah harga, pola, dan mutu yang
terjamin.
g.
Marketing
mix
Produk : produck yang
kami tawarkan adalah berupa jasa penghubung yang menghubungkan client dengan
pihak laundry.
Price : harga pelayanan ini terbilang sangat terjangkau. Mengingat sasaran konsumen
pada produk ini adalah anak kuliah.
Promotion : promosi angle
cleaner dilakukan lewat media social Facebook dan juga
Instagram untuk mengenalkan jenis pelayan baru ini.
Place : -
2.
ASPEK
TEKNIK DAN TEKNOLOGI
a.
Perencanaan
Produk
Pelayanan
ini akan memanfaatkan laundry yang ada
dikota malang yang berkualitas untuk dijadikan mitra kerja.
b.
Teknologi
terkait
Dalam pelakanaanya, kami membuat aplikasi khusus berupa
angle cleaner untuk mempermudah konsumen dalam bertransaksi
c.
Perencanaan
letak Usaha
Lokasi pendirian kantor pusat adalah dikota
malang didaerah sumpil 1 dekat terminal arjosari
3.
ASPEK
SUMBER DAYA MANUSIA
a.
Perencanaan
SDM
Perusahaan membutuhkan 5 karyawan yang terdiri
dari 3 clean order, 1 angle mitra, dan 1 admin
aplikasi.
b.
Analisis
pekerjaan
Clean order:
Mengambil dan mengantar pesanan
Angle mitra : merelasikan dan mencari mitra laundry baru
admin
: melakukan pengelolaan aplikasi
c.
System
kompensasi
Setiap pembagian
upah di bedakan berdasarkan jenis dan SOP masing masing, Clean Order
berdasarkan jumlah pesanan yang sukses dengan nilai per pesanan ( rp.5000 ) dan
bonus pesanan berdasarkan katagorinya sedangkan angle mitra dan admin upah nya
adalah bulanan sebesar 3.000.000 rupiah.
d.
Keselamatan
dan kesehatan kerja
1.
Setiap
clean order diberi keselamatan yang dibutuhkan seperti helm jangket dan
keseleamtan mengendara lainnya
4.
ASPEK
KEUANGAN
a.
Dana
yang dibutuhkan
Aset tetap
Motor :
17.000.000 x 3 = 51.000.000
Laptop
= 2.500.000
Aplikasi
= 35.000.000
tenaga kerja :
gaji
: 3.000.000 x 2 = 6.000.000 /bulan
upah
= 5.000 x 15 kg x30 hari = 2,250.000 x 2
= 4.500.000
promosi : 30.000.000
b.
Sumber
dana
Perusahaan
akan meminjam dana sebesar 60 juta pada Bank BRI
5.
ASPEK
LINGKUNGAN HIDUP
Dalam proses produksi produk ini
akan menimbulkan kemacetan kasrena menggangu dengan ini perusahaan
harus mendapatkan persetujuan resmi oleh lingkungan tetangga yang berada di
depan pabrik serta di samping kanan kiri.
Selain itu dalam proses pengolahan produk ini juga menghasilkan kemampuan berupa Untuk
menjalin hubungan baik terhadap masyarakat maka pupuk akan di berikan secara
gratis terhadap masyarakat sekitar.
6.
ASPEK
EKONOMI, SOSIAL, DAN POLITIK
a.
Ekonomi
·
Megurangi
pengangguran
·
Menambah
nilai tambah pada sumber daya alam yang kami gunakan
·
Meningkatkan
perekonomian masyarakat
7.
ASPEK
YURIDIS
Rencana bisnis ini merupakan
usaha perorangan atau belum terdaftar pada badaan hukum. Bisnis ini merupakan kegiatan delivery
order laundry, dan pangkalan yang memiliki akses yang mudah menjangkau dari
calon konsumen.
Tahap awal dalam proses pelaksanaan konsep bisnis ini adalah mencari investor
atau pihak yang bersedia meminjamkan dana.setelah mendapatkan dana, perusahaan
akan membeli semua kebutuhan yang
meliputi aset tetap, bahan baku, dan mencari tenaga kerja yang cocok di setiap
proses yang perusahaan butuhkan berbarengan dengan promosi disetiap media
social.. Setelah proses produksi berjalan, kegiatan pemasaran pun dimulai.
Promosi selalu dilakukan dengan cara mengendorse para pengguna sosmed yang
menjadi influence.
No comments:
Post a Comment